2.18.2012

Hari Minggu Hari Bersih Bersih dan Menata Kamar

Setelah selama enam hari beraktivitas, hari ini (minggu) hari buat bersih-bersih kamar. Mari bersih bersih!!!
Kamarku memang tidak luas hanya berukuran 2m x 4m dan berbentuk tidak umum, mempunyai 2 jendela dan 2 pintu. Barang di dalam kamar standar, kasur ukuran 1m x 2m, lemari pakaian kecil, meja tulis, dan rak buku, Karena kondisi yang sedemikian rupa, jadi agak bingung menempatkan barang-barang agar dapat terkesan luas, nyaman sekaligus enak dipandang mata. Terkait dengan menata ruangan kamar  yang sempit  ada beberapa tips agar kamar terasa longgar dengan tempat yang tidak begitu luas.
  • Pilih tempat tidur yang memiliki laci dibawah kasur, sehingga dapat meminimalkan penggunaan lemari, kita dapat menimpan pakaian, buku, atau benda apapun didalamnya.
  • Jangan pasang atau meletakan hiasan terlalu banyak, selain menuhin-menuhin kamar, juga akan menambah sumpek suasana.
  • Gunakan rak, untuk meletakan benda-benda (buku, tas,dll).
  • Jika kita mempunyai pernak-penik atau benda yang berukuran kecil, letakan benda-benda tersebut dalam tempat tertutup. Selain menimbulkan kesan bersih, juga benda-benda tersebut tidak akan tercecer. Hindari terlalu banyak meletakkan pernak-pernik, contohnya alat kosmetik, parfume, alat tulis, dll.
  • Pilih furnitur yang minimalis tidak terlalu memiliki banyak detail.
  • Jaga kebersihan dan kerapian, ini sangat penting. Karena jika kamar sudah sempit, ditambah barang berserakan di lantai, semakin sempit jadinya ruang buat kita bergerak di kamar.
  • Pilih furnitur yang sesuai dengan ukuran kamar dan furnitur yang dapat memaksimalkan fungsinya (contoh tempat tidur dengan laci).
  • Pilih warna terang untuk dinding dan warna gelap untuk aksesoris.
Terkait dengan kebersihan, minimal satu minggu sekali, lap meja, bersihkan langit langit, sapu lantai, sekaligus di pel dengan air. Ganti sarung bantal minimal 2 minggu sekali. Jangan makan di dalam kamar, agar tidak mendatangkan semut. Usahakan tidak menggantung pakaian, selain kurang sedap dipandang mata juga dapat menjadikan sarang nyamuk. Jangan menaruh barang dilantai, taruh diatas meja, di dalam lemari, atau di dalam rak. Untuk yang tidak terlalu sempat mengurus kamar, usahakan tidak usah menaruh hiasan atau pernak-pernik, masukan dalam kotak, sehingga untuk memberihkan tempat lebih mudah, dan barang-barang tersebut tidak mudah berdebu.

Selamat membersihkan dan menata kamar :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar